Sunday , April 21 2019
Home / Peristiwa / Santri Se-Kabupaten Tuban Lakukan Baiat Literasi

Santri Se-Kabupaten Tuban Lakukan Baiat Literasi

Tuban, tasamuh.id

Dalam rangka membangun budaya literasi di kalangan umat Islam, santri se-kabupaten Tuban melakukan bait literasi. Hal ini dilakukan usai mengikuti workshop literasi pada hari Ahad (26/03/2017) di ponpes An-Nizhamiyah Sidorejo Tuban.

Kegiatan ini berjalan atas kerjasama antara jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang dengan jaringan santri yang berada dalam koordinasi ponpes An-Nizhamiyah. Sebanyak 50 santri senior pilihan hadir dan mengikuti acara dengan penuh khidmat dan antusias.

Dalam melakukan baiat literasi, santri peserta workshop meneguhkan akan menginfaqkan dirinya untuk dunia literasi dengan menjunjung tinggi nilai agama Islam yang rahmatan lil alamin demi keutuhan NKRI. Di samping itu, mereka membaiat diri untuk menjadikan literasi sebagai media dakwah yang penuh hikmah, bukan sarana mencemooh dan memfitnah. Model literasi seperti itu sangat penting lebih-lebih di tengah bangsa Indonesia yang majemuk.

Sebelum membacakan baiat, peserta terlebih dahulu digembleng dengan wawasan tentang dunia literasi dan urgenitasnya dalam peradaban umat Islam. Acara diisi oleh dua narasumber, M. Faisol Fatawi dan Jamal Ghofir pegiat literasi yang bermukim di Tuban.

Sebagaimana diungkapkan oleh Jamal Ghofir selaku narasumber pertama bahwa kiai-kiai atau ulama dahulu tidak lepas dari literasi sehingga sekarang ini dapat disaksikan karya-karya mereka. Namun sekarang ini tradisi seperti itu sudah mulai menurun.

Sementara itu, M. Faisol Fatawi, narasumber kedua, menegaskan bahwa peradaban Islam tidak bisa dipisahkan dari tradisi literasi. “Dulu peradaban Islam maju karena adanya tradisi literasi yang kuat. Oleh karena itu, literasi menjadi kunci utama untuk memajukan Islam,” ujarnya.

Workshop literasi yang mengambil tema “Membangun budaya literasi untuk penguatan nilai-nilai Aswaja” ini diakhiri dengan praktik menulis dengan dipandu oleh mahasiswa-mahasiswi berpengalaman dalam dunia tulis-menulis dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. Workshop dibuka secara langsung oleh pengasuh ponpes An-Nizhamiyah Sidorejo Tuban, KH. Ahmad  Musyaffa’. [nas]

About Moh Fauzan

"Khoirunnas anfauhum linnas" | ozanoase@gmail.com | fb: /fauzan.gusdurian | twitter/i.g: @fauzan_gd | WA: 082333323578 | Owner OASE Cafe & Literacy

Lihat Juga

Islam Nusantara, Ruang Tengah Moderatisme

Tasamuh.id– Menyerang istilah Islam nusantara dengan kecurigaan, bahkan dianggap sebagai mazhab baru atau bagian dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *