Monday , March 25 2019
Home / Peristiwa / Rois ‘Aam PBNU Dianugrahi Gelar Guru Besar

Rois ‘Aam PBNU Dianugrahi Gelar Guru Besar

Tasamuh.id,
Malang (24/05/2017) – Rais Aam Pengurus Besar Nahdhatul Ulama KH Ma’ruf Amin dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah pada Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengukuhan gelar akademik tertinggi berupa guru besar/professor tersebut diselenggarakan di Aula Rektorat Lantai 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu (24/5/2017).

Plt Rektor UIN Maliki Malang, Mudjia Rahardjo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa memberikan anugerah/penghargaan kepada tokoh masyarakat yang dianggap layak dan memiliki kualifikasi merupakan salah satu tugas dari perguruan tinggi, selain menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi.

“KH Ma’ruf Amin telah menggagas aksi transformasi ekonomi Islam ke dalam praktik kehidupan masyarakat, untuk membangun umat”, tegas guru besar ilmu linguistik asal Blitar tersebut.

Masih menurut Mudjia, penanugrahan guru besar ini membuktikan bahwa kiai atau ulama seperti KH Ma’ruf Amin secara intelektualitas dan keilmuan telah diakui secara formal oleh dunia internasional, “Beliau (KH Ma’ruf Amin, red) adalah seorang intelektual ekonomi Islam”.

Setelah dikukuhkan sebagai guru besar, “harapannya akan semakin menguatkan gerakan Islam rahmatan lil alamin, Islam yang ramah dan menjadi berkah untuk semua terutama di lingkungan universitas yang mengimplementasikan pendidikan pesantren dan perguruan tinggi (ma’had, red) ini” imbuhnya.

Prosesi penganugerahan gelar guru besar ini cukup dibilang sangat istimewa dan baru pertama kalinya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang karena turut dihadiri dan disaksikan oleh orang nomor wahid di Indonesia, Presiden Joko Widodo. Seperti dijadwalkan sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan terbang ke Malang untuk beberapa kegiatan antara lain di UIN Maliki Malang, di Dinas Pendidikan Kota Malang, dan di Rampal Kota Malang.

Tak hanya Presiden Jokowi, sejumlah tokoh nasional seperti Menrisetdikti Muhammad Nasir, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA, Sekden PBNU Dr H Helmi Faisal Zainy, Anggota DPR RI Ahmad Basarah (FPDI-P) dan Latifah Shohib (FPKB), serta beberapa penajabat daera dan pimpinan perguruan tinggi se Indonesia ikut menghadiri pengukuhan guru besar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu. (Dur)

About Abdur Rahim

Redaktur Pelaksana TASAMUH.ID

Lihat Juga

Islam Nusantara, Ruang Tengah Moderatisme

Tasamuh.id– Menyerang istilah Islam nusantara dengan kecurigaan, bahkan dianggap sebagai mazhab baru atau bagian dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *