Sunday , April 21 2019
Home / Hikmah / Nasib dan Upaya Mencari yang Baik
https://www.dakwatuna.com

Nasib dan Upaya Mencari yang Baik

Ada sebuah ungkapan yang tidak saya ketahui dari mana sumbernya, namun sering saya dengar dalam forum seminar interpreneurship atau kewirausahaan. Tentu saja namanya wirausaha adalah bisnis atau kerja dalam upaya merubah keadaan untuk menjadi lebih baik di bidang finasial. Ungkapannya kurang lebih demikian,”jangan salahkan siapa-siapa jika kamu terlahir miskin, tapi salahkanlah dirimu jika kamu mati miskin.”

Kelahiran kita di dunia ini memang bukan atas pilihan, tapi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Sang Pencipta, yang mengatur hidup dan kehidupan ini. Kita lahir di mana, dari orang tua yang bagaimana dan dalam situasi apa bukanlah kuasa kita untuk menentukan. Kita lahir dengan warna kulit dan bentuk tubuh yang seperti saat ini, tidak biaa direkayasa lagi. Kalaupun dirubah, tentu saja ada konsekuensi yang merepotkan dan pada dasarnya itu tidak ada perubahan.

Bagaimana dengan nasib, atau dalam ungkapan lain takdir. Siapapun tidak ada yang tahu nasib atau kejadian yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Nasib dan takdir tersebut adalah rahasia Tuhan bagi hamba-Nya. Bahkan para malaikat dan rasul pun tidak ada yang mengetahui tanpa ada pemberitahuan dari Tuhan. Lihatlah, bagaimana Rasulullah –shallallahu alaihi wasallam– bersusah payah mencari tempat hijrah demi dakwah dan bertahannya Islam. Demikian juga rute yang ditempuh dalam perjalanan di hijrah yang terakhir ke Madinah, rasul melewati rute yang non-konvensional sebagai strateginya.

Hal yang sama terjadi dalam perang Badar, yaitu perang yang pertama antara kaum beriman dan kafir Quraisy, sangat kuat motivasi yang diberikan Nabi kepada para pejuangnya agar bisa meraih kemenangan. Semua itu dilakukan karena beliau mengikuti sunnatullah (hukum sebab akibat) bahwa tidak akan mungkin bisa bertahan dalam situasi sulit tanpa perjuangan dan tidak mungkin bisa meraih kemenangan tanpa kekuatan. Maka kitapun seharusnya membuat ukiran yang bagus untuk nasib kita. Nasib atau takdir memang rahasia Tuhan, kewajiban kita adalah mencari takdir yang baik. Tentang hasilnya,… itu juga rahasia Tuhan.  Wallahu a’lam.

Penulis: Ahmad Kholil

Editor: Abdur Rahim

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

Keadilan untuk Menabur Ketakwaan

Kalau ada pertanyaan apa itu adil, jawaban secara sederhana adalah sama. Maksudnya, memberi hak pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *