Friday , May 24 2019
Home / Peristiwa / Generasi Muda Hidupkan Burdah

Generasi Muda Hidupkan Burdah

Tasamuh.id. Bukan NU namanya jika tidak mau membaca kasidah pujian (mada’ih) untuk baginda Nabi SAW. Membaca kasidah mada’ih untuk nabi tercinta, Muhammad SAW, tak lain berharap syafaatnya kelak di hari akhir.

Begitulah yang dilakukan kalangan nahdliyin muda yang mengatasnamakan Gubuk Sholawat. Para pecinta baginda nabi ini mengadakan pembacaan burdah sekali dalam setiap bulan pada Selasa Wage Malam Rabu Kliwon. Tempatnya pun dibuat bergilir dari satu rumah ke rumah yang lain. Kali ini, rutinan Madah Burdah ini dilaksanakan di perumahan Joyogrand (4/5/2017). “Alhamdulillah, pembacaan burdah ini sudah berjalan istiqomah. Jama’ahnya pun terus bertambah,” ujar Gus Romdhoni salah seorang koordinator pegiat kasidah burdah.

Seperti disebutkan dalam literatur, kasidah burdah merupakan rangkaian pujian untuk baginda Rasul SAW. Dikarang oleh Imam al-Bushiri saat beliau sedang menahan sakit lumpuh berkepanjangan. Dalam riwayatnya, diceritakan pada suatu malam Imam al-Bushiri mimpi bertemu Rasulullah, dan dalam mimpi tersebut Rosulullah memberi al-Bushiri sebuah kain sorban –dalam riwayat lain disebut selimut– (burdah). Seketika sakit yang diderita al-Bushiri sembuh. Karena itu, kasidah inipun dikenal dengan kasidah burdah atau shalawat burdah.

Pembacaan kasidah burdah memang tampak aneh dan jarang dilakukan di tengah masyarakat muslim di Indonesia. Apalagi di kalangan anak muda yang disebut generasi “Y”. Apalagi pembacaan burdah dilakukan tidak sekedar untuk mencari sensasi karena jarang dilakukan, tetapi untuk menunjukkan cinta kepada baginda nabi Muhammad SAw. “Kita membaca burdah untuk mendapat syafaat dari baginda nabi dan tabarrukan padanya,” ujar Idung salah seorang jama’ah yang turut hadir malam itu. [win]

About Abdur Rahim

Redaktur Pelaksana TASAMUH.ID

Lihat Juga

Islam Nusantara, Ruang Tengah Moderatisme

Tasamuh.id– Menyerang istilah Islam nusantara dengan kecurigaan, bahkan dianggap sebagai mazhab baru atau bagian dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *