Saturday , January 25 2020
Home / Peristiwa / Forum Santri Luncurkan Buku “Kiai & Santri”

Forum Santri Luncurkan Buku “Kiai & Santri”

Malang, Tasamuh.id
Semarak menyambut perayaan hari santri nasional pada 22 Oktober rupanya menjadi momentum penting bagi Komunitas Santri di Malang Raya. Komunitas yang menyebut sebagai Forum Komunikasi Kiai-Santri (FKKS) yang didalamnya terdapat beberapa unsur diantaranya Lakpesdam NU Kota Malang, IPNU-IPPNU, PMII, Komunitas Tasamuh, organisasi alumni pondok pesantren dan beberapa pesantren yang diasuh oleh para “kiai” muda.

Dr M Faisol Fatawi MAg, ketua Lakpesdam NU Kota Malang sekaligus inisiator dari gerakan literasi ini menuturkan dalam rangka menyambut hari santri nasional tahun 2016, komunitas santri menggalakkan gerakan litetasi, dan untuk karya perdana berupa buku. “Buku ini dipersembahkan untuk menyambut hari santri nasional yang saat ini tengah di semarakkan oleh PBNU”.

Dosen bahasa arab dan jebolan editor LKiS Yogyakarta ini menambahkan bahwa pentingnya menggerakkan tradisi penulisan di kalangan santri selain menjaga tradisi lama (al muhafadhotu al qodim al sholih) juga karena banyaknya gerakan-gerakan ekstrim yang a historis dalam mempraktikkan ajaran Islam di Nusantara. “Gerakan-gerakan ekstrim juga sudah merambah ke dunia literasi, maka harus dilakukan semacam counter discourse yang dilakukan secara bersama oleh para santri.”

Sementara tentang buku dan momentum, Abdur Rahim, salah satu penyunting buku tersebut menyebutkan bahwa ini adalah gerakan awal yang dimulai dari malang dan akan berlanjut dengan menjaring khazanah-khazanah literasi yang ada di pesantren-pesantren, “buku ini mengawali gerakan literasi yang sedang kami kerjakan bersama teman-teman santri lainnya. Sebab gerakan ini harus dilakukan secara berjamaah dan terus menerus.”

Masih menurutnya, buku bunga rampai yang dilaunching tersebut berjudul Kiai & Santri: Percikan Pemikiran dan Kesaksian Melepas Masa Pengabdian KH. Chamzawi. Terdiri dari 36 tulisan yang dikelompokkan menjadi 5 bab yaitu, kesaksian tentang KH. Chamzawi; manusia: sikap dan kebudayaan; Islam, Pendidikan dan Pesantren; NU dan Masa Depan Dunia; dan Organisasi, Pengabdian dan Kepemimpinan NU”.

Buku ini dilaunching bersamaan dengan pelepasan masa bhakti rois syuriah NU Malang yang dilaksanakan pada sabtu 17 September 2016 di gedung Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dimana Drs KH Chamzawi MHI pernah menjadi dekan di fakultas tersebut pada 2009-2014. [fzn]

About Abdur Rahim

Redaktur Pelaksana TASAMUH.ID

Lihat Juga

NU dan Misi Penguatan Ekonomi Umat

Tasamuh.id – Pengurus CabangLembaga Kajian Sumber Daya manusia Nahdlatul Ulama (PC Lakpesdam NU) Kota Malang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *