Tuesday , February 19 2019
Home / Peristiwa / FNKSDA dan Lakpesdam NU Kota Malang Bicara “Islam dan Agraria”

FNKSDA dan Lakpesdam NU Kota Malang Bicara “Islam dan Agraria”

Malang, Tasamuh.id
Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam atau disingkat FNKSDA kembali melakukan konsolidasi di daerah. Kali ini (Senin 20/03/2017) agenda tersebut dilaksanakan bersama Lakpesdam NU Kota di Malang.

Acara konsolidasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi buku berjudul “Islam dan Agraria: Telaah Normatif dan Historis Perjuangan Islam dalam Merombak Ketidakadilan Agraria” bertempat di Aula Kantor PCNU Kota Malang di Jl. KH. Hasyim Asy’ari No 21 Malang.

Dalam bedah buku tersebut dihadiri oleh Gus Muhammad Al Fayyadl selaku Ketua FNKSDA dan pemberi pengantar buku tersebut, Ketua Lakpesdam NU Kota Malang M Faisol Fatawi dan Abdurrahman Ad Dakhil dosen sosiologi UM sekaligus Koordinator FNKSDA Malang.

Menurut Gus Fayyadl, panggilan akrab Muhammad Al-Fayyadl, persoalan sumberdaya dalam seperti agraria adalah persoalan paling urgen dan mendesak untuk segera diselesaikan bahkan lebih mendesak daripada persoalan kepepemimpinan yang selama ini mengambil perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan terjadinya ketimpangam penguasaan tanah dan sumber daya alam yang sangat tajam, ditambah konflik-konflik agraria dan pengelola sumberdaya alam yang terus meletus dimana-mana tanpa penyelesaian, serta telah terjadi kerusakan lingkungan dan alam di berbagai daerah.

“Salah satu yang harus dilakukan terutama Nahdlatul Ulama adalah meletakkan isu agraria dan sumberdaya alam sebagai bahasan dalam bahtsul masail,” imbuhnya.

Sedangkan M Faisol Fatawi menegaskan pentingnya kajian ushul (ushul fiqh, red.) untuk isu agraria dan sumberdaya alam. Bukan sekedar rlandasan fiqh yang sebetulnya adalah produk.

Lebih lanjut, ulama-ulama dahulu sudah melakukanya. Makanya ada istilah fikih dalam ihya’ ul mawat (membuka lahan baru) yang merupakan hasil dari kajian ushul. Dalam kondisi struktur agraria yang timpang saat ini, seharusnya para pengkaji hukum Islam harus memperhatikannya agar Islam selalu up date.

Acara bedah buku tersebut dimulai pukil 15.30 WIB dan selesai sekitar pukul 17.00 WIB dengan peserta dari berbagai kalangan. [dur]

 

About Abdur Rahim

Redaktur Pelaksana TASAMUH.ID

Lihat Juga

PMII Kota Malang siapkan Kader Dakwah

(Malang, 16/02/2019) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyelenggarakan Sekolah Kader Islam Dakwah (SKID) mulai dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *