Sunday , April 21 2019
Home / Hikmah / Energi untuk Mengajar

Energi untuk Mengajar

Jadilah Pembelajar Sejati

Manusia terbaik adalah mereka yang senang belajar dan bersedia berbagi apa yang telah mereka yang mereka pelajari dan praktekkan. Belajar merupakan cara yang paling efektif untuk menyiapkan perubahan dan menyelesaikan proses perubahan menjadi lebih efektif dan efisien. Belajar juga merupakan jalan yang telah dilalui orang-orang hebat. Dalam sejarah dan kisah sukses banyak orang, tidak ada satu pun di antara mereka yang tidak senang belajar. Mereka semua adalah Pembelajar Sejati, yang tidak mengenal lelah dan waktu. Dimanapun mereka berada selalu yang dikejar adalah pengetahuan. Sepertinya mereka sadar betul bahwa pengetahuan itu memiliki kekuatan. Knowledge has power atau knowledge is power.

Praktekkan Apa yang Sudah Dipelajari

Setelah mereka belajar, mereka praktek kan atau amalkan pengetahuan. Karena pengetahuan yang tersimpan dalam otak hanya akan menjadi memori, sebaliknya ia yang telah diamalkan menjadi pengalaman dan kebiasaan hingga pada akhirnya menjadi karakter. Banyak orang yang punya pengetahuan namun tidak semua mampu menerapkan, itulah sebabnya hanya sedikit orang yang mau bersusah payah menerapkan dan membuktikan ilmu yang telah dipelajari.

Ajarkan Pengetahuan Penting dengan Efektif

Setelah menerapkan barulah mereka berbagi dan mengajarkan pengetahuan yang efektif untuk diterapkan dan mampu membawa perubahan. Di sinilah tempatnya bagi mereka yang memiliki semangat dan energi untuk membawa perubahan. Sampai hari ini saya masih percaya bahwa hanya ilmu pengetahuan yang mampu mempercepat dan mempermudah proses yang sulit. Dan dengan cara mengajarkannya lah pengetahuan itu akan tersebar dan menyebarkan lebih banyak kebaikan bagi kehidupan.

Yang paling penting untuk diingat bahwa kunci keberhasilan hidup kita adalah dengan menyebarluaskan sebanyak-banyaknya kemanfaatan kepada seluruh makhluk hidup, tidak terbatas pada manusia saja. Sebarkan apa yang kalian miliki baik itu pengetahuan, pengalaman, inspirasi, motivasi, ungkapan bijak, cerita yang menginspirasi, dan apapun itu selama mampu membawa kebaikan.

About Ilhamuddin Nukman

Sebagai seorang dosen profesional yang mengajar psikologi di Universitas Brawijaya sekaligus sebagai Trainer Profesional Tersertifikasi. Menerjunkan diri sepenuhnya untuk memberikan pengajaran, pelatihan, pendampingan, konsultasi, coaching, mentoring kepada klien dan kustomer.

Lihat Juga

Keadilan untuk Menabur Ketakwaan

Kalau ada pertanyaan apa itu adil, jawaban secara sederhana adalah sama. Maksudnya, memberi hak pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *