Sunday , April 21 2019
Home / Hikmah / Dua Sahabat
https://www.ascentpt.com.au/images/k10267492.jpg

Dua Sahabat

Dua orang sahabat berjalan di tengah padang pasir. Setelah menempuh jarak yang cukup jauh mereka berdua terlibat adu mulut hingga salah satu diantara mereka berdua memukul wajah sahabat yang lain. Sahabat yang dipukul merasa kesakitan, tetapi ia tidak mau membalas. Lalu ia pun tanpa banyak kata mengguratkan tangannya di atas pasir.

“Hari ini, sahabatku yang paling mulia memukul wajahku,” tulisnya.

Kedua sahabat itu kemudian melanjutkan perjalanan hingga sampai pada suatu oase. Di tempat itu mereka hendak membuang hajat besar. Sahabat yang dipukul mulai mencari tempat yang pas. Ia menginjakkan kaki pada sebuah gundukan pasir. Namun tidak disangka pasir itu bergerak dan runtuh hingga mau tersungkur.

Lalu sahabat yang memukul wajahnya secara reflek menyaut tangan sahabatnya. Menahan dan menariknya hingga tidak jatuh kedalam lobang menganga. Sahabat yang dipukul tadi selamat dari maut. Ia berdiri dan mengambil sebongkah batu.

“Hari ini,  sahabatku yang paling mulia telah menyelamatkan nyawaku,” tulisnya di atas batu.

Sahabat yang telah memukul dan menyelamatkan itu heran atas apa yang dilakukan oleh kawannya. “Kenapa ketika aku memukulmu, kamu menuliskan kata itu di atas pasir. Sedangkan saat aku menyelamatkanmu, kamu menulis kata itu di atas batu?” selidiknya penuh penasaran.

“Saat kamu menyakitiku,  aku sengaja menuliskan kelakuanmu di atas pasir supaya angin menerpanya hingga bisa menghapus kesalahanmu. Sementara aku menggoreskan kebaikanmu di atas sebongkah batu agar tak ada satu terpaan anginpun yang mampu menyapunya,” jawabnya. [mff]

About Moh Fauzan

"Khoirunnas anfauhum linnas" | ozanoase@gmail.com | fb: /fauzan.gusdurian | twitter/i.g: @fauzan_gd | WA: 082333323578 | Owner OASE Cafe & Literacy

Lihat Juga

Keadilan untuk Menabur Ketakwaan

Kalau ada pertanyaan apa itu adil, jawaban secara sederhana adalah sama. Maksudnya, memberi hak pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *